Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pemasaran Email: Alat Pemasaran Paling Efektif yang Pernah Ada

Pemasaran melalui email merupakan salah satu teknik pemasaran yang paling populer dan berhasil digunakan ketika Anda ingin memperluas merek atau menjual produk Anda. Metode ini dapat membantu Anda mengembangkan bisnis Anda dengan efektif.

Email Marketing
Email Marketing

Meskipun telah lama ada, pemasaran melalui email tetap menjadi salah satu elemen terbaik dalam strategi pemasaran digital yang perlu Anda pertimbangkan untuk bisnis Anda. Apakah Anda tahu bahwa strategi ini menghasilkan rata-rata laba investasi sebesar $42 untuk setiap $1 yang diinvestasikan?

Itulah mengapa email harus menjadi elemen dasar dalam rencana pemasaran digital Anda. Tidak melibatkan diri dalam pemasaran melalui email sama dengan mengabaikan potensi penghasilan yang dapat Anda peroleh.

Dalam artikel ini, kami akan membahas apa itu pemasaran melalui email, berbagai jenisnya, manfaatnya, serta beberapa kelebihan dan kekurangannya. Oleh karena itu, Anda perlu melanjutkan membaca artikel ini hingga selesai!

Apa itu Pemasaran Email?

Tahukah Anda bahwa email pertama dikirim pada tahun 1978, menghasilkan penjualan sebesar $13 juta? Belakangan, ini menandai awal dari apa yang masih menjadi salah satu saluran pemasaran yang paling banyak digunakan. Memang, email tidak semenarik saluran baru lainnya seperti perpesanan dan media sosial karena sejarah awalnya, tetapi ini merupakan pendekatan yang berguna untuk menciptakan audiens yang terlibat yang membuahkan hasil.

Menurut Hubspot, menargetkan audiens dan konsumen Anda melalui email dikenal sebagai pemasaran email. Dengan memberikan pelanggan dan konsumen informasi yang berguna untuk mencapai tujuan mereka, ini membantu meningkatkan konversi dan pendapatan.

Jenis asli pemasaran internet adalah pemasaran email. Sejak 1980-an, itu telah berkembang dengan mantap dan tampaknya tidak melambat. Statistik dari Statista menunjukkan bahwa 281 miliar email dikirim pada tahun 2018. Jumlahnya terdengar tidak terbayangkan; diperkirakan akan meningkat menjadi lebih dari $347 miliar pada tahun 2023, seperti yang dikatakan oleh Coursera.

Mengirim email, memantau tanggapan, dan melacak pelanggan yang berhenti berlangganan adalah tiga komponen utama pemasaran email. Anda akan lega mengetahui bahwa pemasaran email masih efektif jika itu adalah komponen kunci dari strategi pemasaran Anda.

Sederhananya, pemasaran email adalah saluran pemasaran ampuh yang menggunakan email untuk mengiklankan barang atau jasa yang ditawarkan perusahaan Anda. Ini adalah jenis pemasaran langsung serta pemasaran digital.

Mengapa Pemasaran Email Penting?

Berdasarkan data Influencer Marketing Hub, semakin banyak orang yang membaca email saat dalam perjalanan. Faktanya, menurut survei Marketing Sherpa, 72% individu lebih memilih komunikasi email daripada semua bentuk komunikasi lainnya. Untuk perusahaan pintar, ini menjadikannya alat pemasaran konten yang sangat berguna.

Memasukkannya ke dalam inisiatif otomasi pemasaran Anda dapat membantu memberi tahu klien Anda tentang produk atau penawaran terbaru Anda. Melalui berbagai bentuk email pemasaran, ini juga bisa menjadi sangat penting dalam strategi pemasaran Anda secara keseluruhan untuk perolehan prospek, kesadaran merek, pembangunan hubungan, dan keterlibatan konsumen di antara transaksi.

Selain itu, dengan pemasaran email, Anda mengontrol koneksi, yang berarti tidak ada perubahan algoritmik. Hal terbaik tentang pemasaran email adalah betapa terjangkaunya dibandingkan dengan jenis iklan lainnya. Ini juga sederhana untuk diikuti. Berbagai strategi dapat digunakan dengannya. Ketika proses penjualan lebih terlibat, tujuan Anda adalah memelihara pelanggan sampai mereka siap untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

Keuntungan dan Kerugian Pemasaran Email

Keuntungan:

Pemasaran email sering dianggap sebagai strategi berbiaya rendah dan berdampak tinggi di bidang pemasaran online yang memiliki kekuatan untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan dan meningkatkan pendapatan. Akibatnya, ini sering menjadi dasar bagi banyak teknik pemasaran digital modern.

Dan karena email tetap berada di kotak masuk sampai dibaca, dihapus, atau diarsipkan, email telah berkembang menjadi alat pemasaran yang sangat populer bagi perusahaan. Pemasaran email dapat membantu Anda membangun koneksi dengan audiens Anda dan meningkatkan lalu lintas ke blog Anda, akun media sosial, dan situs web lain yang Anda ingin orang kunjungi.

Dengan menggunakan perangkat lunak pemasaran email yang juga dapat dikonfigurasi untuk sekadar mengirim email, Anda juga dapat menggunakan pemasaran email untuk melakukan pengujian A/B pada baris subjek atau ajakan bertindak untuk menentukan pesan dengan kinerja terbaik.

Kekurangan:

Ada beberapa hal negatif dalam pemasaran email, meskipun tampaknya ini merupakan pendekatan yang ideal untuk terhubung dengan klien, menemukan prospek baru, dan memperkuat ikatan bisnis yang penting. Seperti spam, ukuran, persaingan, keterlibatan, desain, peraturan dan regulasi, masalah pengiriman dan keterkiriman, daftar email, dan biaya yang harus dibayar untuk penyedia layanan email.

Manfaat Pemasaran Email

Semua bentuk pemasaran termasuk email. Meningkatkan laba atas investasi pemasaran Anda adalah tujuannya. Dan laba atas investasi pemasaran email cukup bagus. Untuk setiap dolar yang diinvestasikan, merek telah menghasilkan sebanyak $38, menurut Influencer Marketing Hub.

Tiga manfaat utama pemasaran email adalah:

1. Konversi

Konversi mengacu pada penjualan produk dan layanan Anda. Memperkenalkan promosi atau obral baru? Untuk meningkatkan penjualan, Anda dapat menjalankan kampanye pemasaran email untuk pelanggan Anda. Selain itu, bereksperimenlah dengan strategi pemasaran email ini.

2. Tingkatkan Kesadaran Merek

Email adalah yang terbaik karena memberi Anda akses langsung ke seseorang. Ini komunikasi satu lawan satu yang luar biasa. Dan saat ini, individu tidak hanya memberi siapa pun akses ke kotak surat mereka. Ini adalah area yang diatur dengan hati-hati yang disisihkan untuk majalah dan perusahaan favorit.

Ini akan membantu merek Anda tetap terkini di benak pelanggan jika muncul di kotak masuk email mereka. Email pemasaran yang disesuaikan memiliki dampak yang lebih besar daripada postingan jejaring sosial karena Anda tidak memiliki cara untuk mengetahui apakah pesan Anda dilihat oleh siapa pun.

3. Kesetiaan pelanggan

Setiap fase pengalaman pembeli, termasuk pemeliharaan prospek, konversi, orientasi, dan retensi, didorong oleh pemasaran email. Untuk merampingkan komunikasi, ini adalah teknik penting untuk digunakan bersama dengan sistem CRM penjualan. Ini juga merupakan cara terbaik untuk menjalin hubungan dengan email; ini adalah pendekatan yang efektif untuk menciptakan komunitas.

Kesetiaan pelanggan

Setiap fase pengalaman pembeli, termasuk pemeliharaan prospek, konversi, orientasi, dan retensi, didorong oleh pemasaran email. Untuk merampingkan komunikasi, ini adalah teknik penting untuk digunakan bersama dengan sistem CRM penjualan. Ini juga merupakan cara terbaik untuk menjalin hubungan dengan email; ini adalah pendekatan yang efektif untuk menciptakan komunitas.

Bagaimana Cara Kerja Pemasaran Email?

Bagian penting dari program email yang sukses, seperti hal lain yang mungkin Anda buat, adalah bagaimana, di mana, dan kapan membangun daftar Anda. Kesuksesan penyampaian tergantung pada menjangkau audiens yang relevan dan tertarik, dan memiliki milis yang benar adalah tempat yang cerdas untuk memulai.

Pemasaran email adalah strategi terbaik untuk mempromosikan kampanye pemasaran Anda kepada pelanggan Anda. Seperti; pemasaran konten, perolehan prospek, dan penjualan. Jadi, bagaimana cara kerjanya?

Sebuah Milis

Basis data pelanggan yang mengizinkan Anda mengirimi mereka email dikenal sebagai daftar email. Anda memerlukan daftar email yang terlibat dan aktif untuk menciptakan pemasaran email yang efektif.

Daftar email dapat dibuat dengan berbagai cara. Salah satu yang paling sederhana adalah mengembangkan magnet utama atau penawaran, yang menurut audiens target Anda berharga sebagai imbalan atas alamat email mereka, seperti voucher.

Penyedia Layanan Email

Perangkat lunak yang membantu mengelola daftar email Anda disebut sebagai penyedia layanan email (ESP), terkadang dikenal sebagai platform pemasaran email. Itu juga membantu dalam membuat dan melaksanakan kampanye email otomatis.

Tujuan yang Dinyatakan

Beberapa tujuan bisnis dapat dicapai dengan penggunaan email, termasuk: menghasilkan dan memelihara prospek; meningkatkan penjualan; dan meningkatkan kesadaran merek. Buat klien tertarik dan tingkatkan loyalitas klien dan nilai seumur hidup.

Daftar email, ESP, dan tujuan Anda semuanya harus sejalan agar kampanye pemasaran email Anda berhasil. Nanti, Anda bisa mulai bekerja. Segmentasi daftar email Anda berdasarkan karakteristik atau perilaku pelanggan adalah langkah pertama.

Selanjutnya, tulis email atau serangkaian email yang ditujukan untuk membujuk pelanggan agar mengambil tindakan (tujuan Anda). Kemudian, kirim email menggunakan ESP Anda dan biarkan secara otomatis melacak kampanye.

Jenis Pemasaran Email

Yang harus Anda ingat adalah bahwa pemasaran email hadir dalam berbagai variasi. Dan setiap jenis email memiliki fungsi yang berbeda dan menggunakan strategi yang berbeda untuk berinteraksi dengan audiens Anda.

1. Email Selamat Datang

Email selamat datang atau email ucapan selamat datang adalah sambutan hangat untuk klien dan mengundang mereka untuk mempelajari lebih lanjut tentang penawaran Anda. Mereka sering memberikan uji coba atau manfaat lainnya. Ini berfungsi untuk memperkenalkan calon klien dengan perusahaan.

2. Buletin

Salah satu kategori kampanye email yang paling disukai adalah buletin. Buletin email cukup populer, dan sering menampilkan barang dan layanan baru. Mereka juga bisa terdiri dari artikel, blog, dan testimoni klien.

3. Email Konfirmasi

Email konfirmasi dapat dikirim ke orang yang baru saja mendaftar email atau buletin atau melakukan pembelian online pertama mereka. Dengan melakukan ini, Anda dapat yakin bahwa prospek telah menerima informasi dan ada dalam daftar untuk menerima lebih banyak. Ini dapat menampilkan langkah-langkah tambahan untuk diambil oleh konsumen dan juga merupakan teknik untuk memberi tahu pengguna bahwa pendaftaran atau pembelian mereka telah berhasil.

4. Email Survei

Salah satu alat terbaik perusahaan adalah umpan balik dari pelanggan. Email ini menunjukkan kepada pelanggan Anda bahwa Anda menghargai umpan balik mereka dan berkomitmen untuk mengembangkan pengalaman, produk, atau penawaran lain yang menurut mereka menarik. Bisnis juga dapat menggunakan saran dari survei ini untuk meningkatkan produk mereka dengan memasukkannya ke dalam jajaran mereka saat ini.

5. Memimpin Email Pemeliharaan

Melalui serangkaian email, email semacam ini menargetkan audiens tertentu untuk akhirnya mengubahnya. Email pengasuhan prospek biasanya menargetkan grup yang tertarik pada barang atau layanan tertentu dan kemudian meningkatkan minat mereka melalui email berikutnya yang memberikan lebih banyak informasi atau insentif terkait. Memindahkan pengguna dari tahap pertimbangan ke tahap pembelian adalah tujuannya.

6. Email yang Dipersonalisasi

Email yang dipersonalisasi dikenal sebagai email khusus. Ini adalah apa yang Anda kirim saat Anda hanya ingin berkomunikasi dengan segmen tertentu dari daftar email Anda. Pembelian terbaru, klien tidak aktif, anggota baru, dan jenis kriteria lainnya dapat digunakan untuk menyusun daftarnya.

7. Email Promosi

Email pemasaran ini cukup lazim, seringkali generik, dan dikirim ke khalayak luas. Mereka sering berfungsi untuk memberi informasi kepada orang-orang dan bahkan mungkin menggoda barang dan jasa baru. Email promosi dapat mengambil berbagai bentuk, tetapi tujuan utamanya adalah untuk mengiklankan produk, layanan, atau penjualan berkelanjutan tertentu kepada audiens Anda.

8. Email keterlibatan ulang

Email keterlibatan ulang adalah bagian penting dari pemasaran email. Seperti namanya, mereka membantu dalam melibatkan kembali klien atau pelanggan yang tidak aktif. email yang berupaya membujuk pembaca email yang tidak tertarik untuk membuka pesan, mengeklik tautan, atau bahkan melakukan pembelian untuk terlibat kembali dengan konten Anda. "Kami merindukanmu" atau "Apakah kamu masih di sana?" adalah baris subjek yang sering.

9. Email Musiman

Banyak bisnis menggunakan musim liburan dan acara khusus lainnya untuk mengingatkan klien dan calon klien mereka tentang penawaran dan promosi yang akan datang. Email

dengan tema musim atau liburan dikirim pada waktu-waktu tertentu. Mereka ideal untuk mempromosikan produk dan layanan yang sesuai musim. Mereka sering bertepatan dengan acara-acara seperti Hari Ibu, Hari Ayah, Hari Valentine, Natal, hari libur nasional, dan banyak lagi.

Kesimpulan

Bagi pemasar yang ingin mempelajari cara melakukannya dengan benar, pemasaran email menawarkan imbalan yang sangat besar, dan tidak harus sulit. Pertama, perlu diingat bahwa Anda adalah tamu di kotak masuk pelanggan Anda. Anda hanya perlu mengklik sekali untuk kehilangan perhatian mereka secara permanen. Berikan nilai sambil bersikap sopan dan penuh perhatian.

Anda pasti ingin menepati janji Anda tentang komitmen Anda. Berikan individu apa yang mereka inginkan, dan kirim email sesering mungkin untuk memenuhi harapan mereka. Tidak ada rahasia untuk meningkatkan otomatisasi email. Itu semua tergantung pada apa yang paling cocok dengan suara dan gaya penulisan Anda. Semoga beruntung!